Universitas Binawan
Support & Helpdesk
  • Beranda
  • Kirim Tiket
  • Status Tiket
  • Pertanyaan (FAQ)

Support & Helpdesk

FAQ

Riwayat peran bidang kemahasiswaan
  • Peran bidang kemahasiswaan inputnya di fedeer  di aktivitas mahasiswa, PKM, Lomba. Jika tidak terlapor di feeder tidak bisa diklaim, tidak bisa validasi dosennya, dan tidak bisa lanjut serdosnya. Karena wajib klaim bidang kemahasiswaan, minimal ada surat tugas PKKMB-nya.

Apa saja persyaratan Pindah homebase internal
  • 1. SK pindah homebase internal;2. Surat pernyataan dosen bermaterai;3. SK mengajar di prodi baru;4. Ijazah beserta transkrip nilai.

Apa saja persyaratan pindah homebase eksternal
  • 1. Scan Asli KTP;2. Scan Asli SK PNS;3. Scan Asli SK CPNS;4. Scan Asli SK Pemberhentian / Lolos Butuh;5. Scan Asli SK Rekomendasi Kopertis;6. Scan Asli Surat Pernyataan Dosen;7. Scan Asli SK Dosen / Instruktur / Tutor.

Bagaimana Proses Pelayanan JFA untuk Dosen
  • 1. Dosen mengajukan permohonan ke dekan;2.Dekan melakukan verifikasi terkait kelayakan dosen tersebut apakah layak mengajukan kenaikan jabatan akademik;3.Dekan mengusulkan dosen yang sudah diverifikasi kepada wakil rektor akademik;4.Wakil Rektor akademik menugaskan tim PAK internal untuk melakukan review kelengkapan berkas dosen yang diajukan;5.Tim Reviewer sesuai bidang studi melakukan reviewer kelengkapan pengajuan PAK untuk melihat kelengkapan pengajuan PAK bidang A,B C dan D;6.Hasil Reviewer yang sudah lengkap diserahkan ke ketua PAK internal untuk dikoreksi kembali sebelum diajukan ke rektor dengan bukti paraf;7.Rektor menetapkan dosen yang mengajukan jabatan akademik;8.Sekretaris memintakan tanda tangan scan untuk kelengkapan terakhir dari pengajuan PAK dosen.

Apa saja persyaratan Nomor Registrasi Dosen
  • 1. Surat Keputusan Dosen Tetap Yayasan Binawan;2. Perjanjian Kerja;3. Surat Pernyataan dari Rektor;4. Surat Tridharma dari Rektor;5. KTP;6. Pas Photo (Image);7. Ijazah Lengkap (Lembar Depan Dan Belakang digabung);8. Surat Keterangan Sehat Badan;9. Surat Keterangan Sehat Jiwa.10. Surat Keterangan Bebas Narkoba11. Nama Ibu Kandung

Bagaimana proses pendaftaran BPJS Kesehatan
  • Pendaftaran BPJS Kesehatan:a. Isi form Pendaftaraan BPJS Kesehataan;b. Scan KTP Pegawai;c. Scan Kartu Keluarga Pegawai;d. Scan Kartu BPJS Kesehatan (bagi yang sudah terdaftar).

Bagaimana proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan
  • Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan:a. Isi form BPJS Ketenagakerjaan;b. Scan KTP Pegawai;c. Scan Kartu Keluarga Pegawai;d. Scan Kartu BPJS Ketenagakejaan (bagi yang sudah terdaftar);e. Foto background merah ukuran 2x3 (1 buah).

Apa saja persyaratan klaim dosen
  • 1. SK Dosen Tetap;2. Ijazah dan Transkrip Lengkap;3. KTP terbaru.

Apa saja persyaratan Usulan Inpassing Baru
  • 1. Surat permohonan/usulan dari PTS;2. SK pengangkatan sebagai dosen tetap pada homebase YBS;3. Cetak Laman PDDIKTI YBS;4.  SK Jabatan Awal dan Terakhir;5. Ijazah beserta Transkrip Stempel Basah Lengkap;6. Surat pernyataan dosen tetap bermaterai 10000;7. SK Inpassing (Tahun 2001);8. Softcopy usulan dalam bentuk excel.

Bagaimana proses pindah Faskes BPJS Kesehatan/Penambahan anggota keluarga
  • klik bit.ly/FormBPJS-UBinawan Isi form kolom 37 dan scan kartu keluarga. form yang sudah diisi dikirimkan ke email HC humancapital@binawan.ac.id         Buka tampilan detail      

Apa saja persyaratan Usulan Inpassing Kenaikan
  • 1. Surat permohonan/usulan dari PTS;2. SK pengangkatan sebagai dosen tetap pada homebase YBS;3. Sertifikat Pendidik;4. SK Jabatan Awal dan Terakhir;5. Ijazah beserta Transkrip Stempel Basah Lengkap;6. SKP dan PPK 2 tahun terakhir;7. SK Inpassing Terakhir;8. Softcopy usulan dalam bentuk excel.

Bagaimana alur pelaporan BKD dosen
  • 1. Dosen lapor BKD dengan aplikasi SIBKD;2. Cetak laporan dan tanda tangan asesor;3. Scan hasil pelaporan BKD dan upload pada aplikasi BKD.

Jika telah melakukan klaim dosen, tahap selanjutnya mengusulkan NIDN baru atau bagaimana
  • jika sudah diklaim dan sudah berhomebase di PT, bisa dilakukan menu perubahan nomor REGISTRASI dari NUP ke NIDN atau NUP ke NIDK.

Apa saja persyaratan mengajukan usulan SERDOS
  • 1. Memiliki ijasah S2 dari perguruan tinggi terakreditasi;2. Merupakan dosen tetap di perguruan tinggi;3. Menjadi dosen tetap di perguruan tinggi minimal 2 tahun;4. Memiliki jenjang jabatan akademik (JJA) minimal Asisten Ahli;5. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban minimal 12 SKS, Maksimal 16 SKS.

Selain persepsional dan deskripsi diri apa yang harus saya persiapkan untuk serdos
  • 1. List/Daftar Mata kuliah yang anda ajar di setiap semesternya (Gasal / Genap) tetapi tidak lebih dari beban SKS 12 / semesternya. sebaiknya sudah ada SK mengajar, absensi, daftar nilai (kalau bisa bentuk digital);2. List/daftar penelitian anda yang sudah di publikasi ( sebaiknya sudah ada di website / link);3. List/daftar PKM yang pernah anda lakukan beserta bukti-buktinya;4. List/daftar unsur pendukung seperti anda mengikuti workshop dan lainnya;5. CV atau curiculum vitae anda;6. Pas foto dalam bentuk digital, yang akan di upload di web serdos.

Apakah ketika dosen tersebut sedang tugas belajar dapat mengikuti serdos
  • Dosen tersebut dapat mengikuti serdos, tetapi jika lulus tunjangan akan diberikan ketika dosen tersebut sudah selesai dalam tugas belajar.

Kenapa Gaji saya turun
  • Untuk penghitungan gaji dilakukan dengan berbagai ketentuan:1.di masa pandemi penghitungan gaji berdasarkan jadwal piket. WFO dihitung 100% dari gaji pokok dan tunjangan struktural. WFH dihitung 75% dari gaji pokok dan  tunjangan Struktural. Adapun penambahan bisa dari lembur. Dan pengurangan bisa dari keterlambatan;2.di masa normal penghitungan gaji berdasarkan Gaji Pokok dan Tunjangan Struktural maupun Fungsional Penambahan bisa dari lembur dan pengurangan bisa dari keterlambatan.

Bagaimana menulis DD (Deskripsi Diri) dengan baik
  • Deskripsi diri di serdos adalah merupakan essay yang terdiri dari point-point pertanyaan, yang harus di isi oleh seorang dosen, sebagai berikut:1. Cukup membaca satu ada dua referensi deskripsi diri, jangan terlalu banyak;2. Deskripsi diri merupakan narasi atau cerita keseharian seorang dosen dalam kegiatan tri dharma, pasti cerita tersebut berbeda-beda antara satu dengan yang lain. sehingga buatlah tulisan original (penting);3. Jangan mengetik langsung deskripsi diri serdos di system, mulailah mencicil dari jauh-jauh hari dan ketik di Ms.word atau notepad;4. Maksimakan Jumlah kata, pada tahun 2014 yang lalu batas minimal penulisan Deskripsi diri adalah sekitar 150 – 250 kata;5. Tulisan tidak perlu menggunakan bahasa baku banget, berdasarkan pengalaman kata-kata pada tulisan saya banyak yang tidak baku;6. Jangan terlalu memporsir, jika blank. istirahat dan lanjutkan besok hari untuk menulis Deskripsi Diri;

Cuti saya berapa lagi
  • Pegawai tetap yang telah bekerja sekurang kurangnya 1 tahun secara terus menerus berhak atas cuti tahunan selama 12 ( duabelas) hari kerja dengan jumlah maksimal tidak melampaui hak cuti sesuai bulan berjalan.Cuti tahunan yang tidak diambil sampai dengan tanggal 31 Maret tahun berikutnya dinyatakan hangus.

Apakah serdos itu
  • Serdos merupakan pemberian sertifikat pendidik kepada seorang dosen yang sudah memenuhi syarat dan lulus tes sesuai dengan aturan yang berlaku. dengan memiliki sertifikat pendidik tentunya seorang dosen mendapat tunjangan yang besarannya disesuakan dengan pangkat dan golongan anda.

Berapa jumlah tagihan
  • Lihat SIAKAD

Jadwal mulai bayar dan sampai kapan
  • Lihat kalendar akademik

Kenapa beda antara SIAKAD dan jumlah dibayar
  • Lihat catatan pembayaran yang dilakukan dan tolong konfirmasi keuangan, apakah menggunakan SEVIMA Pay, Virtual Account, atau Transfer manual

Cara bayar kuliah menggunakan sevimapay
  • Lihat cara / aturan bayar

Apakah ada kompensasi waktu pembayaran
  • Tidak ada (Kecuali ada MI yang menyatakan boleh dari Dekan Fakultas dan di setujui oleh Rektor)

Program studi di Binawan apa saja
  • 3 Fakulas, 12 Program Studi:*Fakultas Keperawatan dan KebidananKeperawatan;Kebidanan;Ners.*Fakultas Ilmu Kesehatan dan TeknologiGizi;K3;Fisioterapi;Farmasi;Teknologi Laboratorium Medis.*Fakultas Bisnis dan Ilmu SosialManajemen;Digital Bisnis;Psikologi;Kesejahteraan Sosial.

Apa akreditasi universitas
  • Universitas Binawan terakreditasi Baik

Kapan PMB dibuka
  • Biasanya dibuka bulan April untuk gelombang pertama, dan ada 5 gelombang sampai bulan September.

Bagaimana cara mendaftar kuliah di Binawan
  • klik masuk ke website https://pmb.binawan.ac.id/

© 2025 SEVIMA All Right Reserved, Powered by SEVIMA Platform